Tuesday 28 June 2016

Uang Insentif Ketua RT/RW di Karanganyar Cair






KARANGANYAR – Sebanyak 6.435 ketua RT dan RW di Karanganyar ketiban berkah pada Ramadan ini. Hal itu menyusul dicairkannya insentif sebesar Rp 1 juta per orang dari pemkab kemarin (7/6). Tak hanya itu, mereka juga akan mendapatkan bantuan operasional Rp 500 ribu yang segera cair Agustus mendatang.
Pencairan insentif secara simbolis diserahkan Bupati Karanganyar Juliyatmono di Balai Desa Pojok, Kecamatan Mojogedang. Total anggaran yang dicairkan sebanyak Rp 9,6 miliar. Insentif tersebut dicairkan secara bertahap. 

Namun insentif tidak dicairkan penuh karena dipotong pajak 6 persen. Sehingga masing-masing ketua RT dan ketua RW mendapat Rp 940 ribu. Selain insentif, masih ada bantuan operasional sebesar Rp 500 ribu yang akan dicairkan Agustus mendatang. 

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan, insentif diberikan sebagai bentuk penghargaan kepada ketua RT dan RW dalam melayani masyarakat. Mereka mempunyai peran penting dalam roda pemerintahan. Peran yang dijalankan langsung menyentuh masyarakat.
”Ketua RT dan RW merupakan ujung tombak pemerinatah kepada masyarakat. Untuk itu, penghargaan sebesar-besanya diberikan kepada para ketua RT dan RW,” kata Juliyatmono saat memberi sambutan. 

Dia meminta ketua RT dan RW ini mengoptimalkan perannya di masyarakat, terutama untuk menyampaikan program pemerintah. Salah satunya mengupayakan untuk penarikan Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB). Karena selama ini baru empat kecamatan yang sudah melunasi. Yakni Jumapolo, Jumantono, Jatiyoso dan Jatipuro.
(Sumber: Radar Solo, Foto: Ari Setyawan)