Monday 23 December 2013

PARIKESIT WINISUDA



KARANGANYAR – YURO (Juliyatmono dan Rohadi Widodo) bupati dan wakil bupati Kabupaten Karanganyar yang baru, Sabtu (21/12/2013) malam menggelar pesta syukuran atas kemenangannya dalam PILKADA September lalu. Drs. H. Juliyatmono, MM dan H. Rohadi Widodo, SP yang dilantik 15 Desember 2013 kemarin menampilkan pagelaran wayang kulit semalam suntuk bersama dalang kondang Ki Manteb Sudarsono bertempat di Alun-alun Kabupaten Karanganyar.
Dalam sambutannya, Pak Yuli mengucap syukur atas kemenangannya dan mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Karanganyar yang telah melaksanakan pesta demokratis dengan tertib. Kemudian Pak Yuli juga memaparkan 5 misi dan visi unggulan yang akan dijalankan dalam pemerintahannya periode 2013 – 2018.
“Kami bersama bapak wakil bupati, H. Rohadi Widodo, SP mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa semoga perjalanan pemerintah Kab. Karanganyar kedepan selalu mendapat bimbingan dan ridho dari Allah SWT,” tutur pak Juli dalam sambutannya. Sabtu (21/12).
Dalam pagelaran wayang kulit bersama Ki Manteb tersebut mempertontonkan lakon ‘Parikesit Winisuda’ yang dihadiri kurang lebih 10.000 orang, terdiri dari tamu undangan, pejabat pemerintah dan rakyat biasa. Parikesit Winisuda merupakan lakon pewayangan yang mengisahkan tentang pemimpin-pemimpin Jawa. Lakon ini merupakan salah satu lakon populer dalam jagad pewayangan bagi penampilan atau untuk menyambut pemimpin baru yang didukung kecerdasan, kedigdayaan, pengabdian, ketahanan terhadap ujian, dan kesetiaan. Seperti halnya penyambutan pemimpin baru Karanganyar, H. Juliyatmono dan H. Rohadi Widodo. Selain Ki Manteb, pesta itu juga mengundang beberapa bintang tamu lainnya, seperti Cak Dikin, Nyimud dan Endah Laras. 
(Sumber: tulisan Sdri. Restuti Lathifah di Kompasiana.com)